Sabtu, 22 Desember 2012

contoh pembuatan makalah


TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI

MAKALAH
Diajukan untuk memenuhi tugas
bahasa Indonesia semester 1
tahun ajaran 2012/2013










Disusun oleh:
Nama: 1. Maulana Hafidz Ruswandi

  Kelas : 11 IPS-3







SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 1 KABUPATEN TANGERANG
KABUPATEN TANGERANG
2012





Pengertian TIK
Teknologi Informasi dan Komunikasi, TIK (bahasa Inggris: Information and Communication Technologies; ICT) adalah payung besar terminologi yang mencakup seluruh peralatan teknis untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi.
Pengertian Teknologi Informasi
 Teknologi informasi meliputi segala hal yang berkaitan dengan proses, penggunaan sebagai alat bantu, manipulasi, dan pengelolaan informasi. 
Pengertian Teknologi Komunikasi
Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berkaitan dengan penggunaan alat bantu untuk memproses dan mentransfer data dari perangkat yang satu ke lainnya.1
Oleh karena itu, pengertian TIK tidak lepas dari dua aspek yang saya jelaskan tadi. Banyak sekali tujuan kita untuk mempelajari TIK, sbb:
1. Untuk memotivasi kita belajar dan belajar TIK itu sendiri
2. Untuk beradaptasi dengan perkembangan jaman, khususnya di bidang TIK
3. Mengembangkan kompetensi dalam diri kita di dalam kehidupan sehari-hari
4. Mengembangkan pembelajaran inisiatif,kreatif,bertanggung jawab dan sifat kemandirian dalam diri kita2


















 

1Edy Haryanto,Teknologi Informasi dan Komunikasi ,http://id. Wikipedia.org /wiki /Teknologi_Informasi_Komunikasi  (diakses 19 November 2012)
2Sonny Saptoko,Penggunaan TIK dikehidupan kita, http://teknologi.kompasiana.com/ internet/ 2011 /06/27/penggunaan-tik-di-kehidupan-kita/ .(di akses: 19 november 2012)




Adapun manfaat kita dalam penggunaan TIK:
1. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Perusahaan
Kebutuhan waktu dan efisiensi kerja inilah yang sangat dibutuhkan oleh seorang usahawan dalam penggunaan TIK. Misalnya penerapan Enterprice Resource Planning (ERP). ERP adalah salah satu aplikasi perangkat lunak yang mencakup sistem manajemen dalam perusahaan.
2. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia bisnis
Dalam hal ini, para pembisnis hanya memanfaatkan perdagangan lewat jaringan internet atau bisa disebut juga media online.
3. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia Perbankan
Dalam dunia perbankan Teknologi Informasi dan Komunikasi adalah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking. Beberapa transaksi yang dapat dilakukan melalui Internet Banking antara lain transfer uang, pengecekan saldo, pemindahbukuan, pembayaran tagihan, dan informasi rekening.
4. Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan
Seiring dengan perkembangan jaman, tentu kita tidak bisa lepas dengan yang namanya kemajuan teknologi, maka dari itu TIK juga diterapkan di dalam pendidikan agar kita tidak ketinggalan jaman. Misalnya saja Internet
5. Peneraan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Kesehatan
Sistem berbasis kartu cerdas (smart card) dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien.3
     






 

3. Ibid

           






            Kita telah mengetahui tentang teknologi informasi dan komunikasi, pengertian selanjutnya adalah tentang komputer, komputer adalah sebagian dari TIK,maka dari itu berikut pengertian dari komputer.

Pengertian Komputer
            Komputer adalah mesin elektronik yang mengolah masukan menjadi keluaran. Bentuk masukkannya dapat bermacam-macam, begitu pula bentuk keluarnya. Dari suatu masukan yang sama bisa diperoleh keluaran yang berbeda-beda. Hal itu ditentukan oleh cara pengolahannya. 4

Didalam komputer,pastinya terdapat aplikasi dan inilah pengertian dari aplikasi.


Pengertian Aplikasi

Aplikasi berasal dari kata application yang artinya penerapan;lamaran;penggunaan. Secara istilah aplikasi adalah program siap pakai yang dubuat untuuk melaksanakan suatu fungsi bagi pengguna atau aplikasi yang lain dan dapat digunakan oleh sasaran yang dituju.
Adapun beberapa pengertian aplikasi lain diantaranya :
a.       Menurut Hendrayudi
Aplikasi adalah kumpulan perintah program yang dibuat untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan tertentu.
b.      Menurut Hengky W.Pramana
Aplikasi adalah suatu unit perangkat lunak yang dibuat untuk melayani kebutuhan akan beberapa aktivitas seperti system perniagaan, game palayanan masyarakat, periklanan, atau semua proses yang hamper dilakukan manusia.
c.       Menurut Harip Santoso
Aplikasi adalah suatu kelompok file (Form, Class, Report) yang bertujuan untuk melakukan aktivitas tertentu yang saling terkait.
d.      Menurut Ibisa
Aplikasi daalah alat bantu untuk mempermudah dan mempercepat proses pekerjaan dan bukan merupakan beban bagi penggunanya.
Beberapa aplikasi yang digabung bersama menjadi suatu paket disebut sebagai suatu paket atau application suite. Aplikasi-aplikasidalam suatu paket biasanya memiliki antarmuka pengguna yang memiliki kesamaan sehinggamemudahkan pengguna untuk mempelajari dan menggunakan tiap aplikasi.5

 

4Ir.Djarot Hadi,Cara Kerja Komputer(jakarta:PT Rosda Jayapura,1987)hlm.7
5  Mala Kokom, Pengertian Aplikasi,http://berbagi-ilmu-mifa309.blogspot.com/2012/05/pengertian-aplikasi.html (diakses, 21 November 2012)










Ini adalah salah satu aplikasi, yaitu Power Builder.

Aplikasi PowerBuilder
            Aplikasi power builder berisi beberapa komponen mencakup objek window,menu control,fungsi, dan power script. Anda akan membangun masing-masing komponen dengan menggunakan  PowerBuilder painter.Dalam painter aplikasi anda dapat membuat atau mengubah sebuah objek aplikasi. Setiap objek aplikasi PowerBuilder mempunyai satu dan hanya satu objek aplikasi. Objek ini merupakanpintu gerbang untuk  masuk ke aplikasi.6

Disetiap kelebihan pasti memiliki kekurangan, entah dari segi apapun tetapi yang paling penting ialah keamanan,bilamana komputer kita telah tersambung ke internet, dan internet merupakan jaringan yang sangat luas,dan kita pastinya butuh keamanan jaringan.

Mengapa Kita Perlu Keamanan Jaringan?
Pertama-tama, anda harus paham bahwa tidak ada satupun sistem komputer yang bisa diamankan 100%. Hal yang anda bisa lakukan hanyalah mempersulit orang lain untuk mengganggu sistem anda. Kedua, semakin aman sistem yang anda buat, akan semakin intrusif sistem anda. Anda perlu memastikan sistem anda masih bisa berjalan dengan baik dan kondusif,selain itu program aplikasi masih bisa dipakai bersama-sama tanpa masalah. 7









 

6Syahrizal Chan,Belajar Sendiri Pemrograman Database Dengan PowerBuilder(Jakarta: PT Elex media komputindo,1999)Hlm.4
7 R. Kresno Aji,et.al, Kejahatan Internet Trik Aplikasi dan Tip Penanggulangannya(Jakarta: PT Elex media komputindo,2002)Hlm.13







Daftar Pustaka
Chan, Syahrizal. 1999. Belajar Sendiri Pemrograman Database Dengan PowerBuilder. Jakarta: PT.         Elex media komputindo.
Djarot Hadi, 1987,Cara Kerja Komputer. Jakarta:PT Rosda Jayaputra.
Kresno Aji R.,dkk,2002. Kejahatan Internet Trik Aplikasi dan Tip Penanggulangannya. Jakarta: PT Elex media komputindo.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar